Daftar Blog Saya

Kamis, 11 Februari 2010

Narsis Ala Omjay


Narsis ala Oom Jay

Saya mengenal Wijaya Kusumah (biasa saya sapa Oom Jay) di kompasiana.com, sebuah blog keroyokan yang dilahirkan oleh jajaran Kompas Group. Pada awalnya kami tak saling kenal, tak pernah bertegur sapa, karena memang belum pernah bertemu. Namun, ketika kami sama-sama ngeblog di Kompasiana, barulah kami mengenal satu sama lain.

Apa yang dikatakan oleh Oom Jay memang ada benarnya. Blog merupakan ajang narsis bagi para pemiliknya. Blog merupakan etalase diri para pemiliknya. Blog merupakan rumah virtual yang penghuni komunitasnya bisa saling berhubungan dan saling berbagi satu sama lain dari belahan dunia manapun di planet ini. Melalui media blog, tiap-tiap individu mulai menampakkan karakternya masing-masing. Mulai dari blog yang hanya berisi masalah pribadi sang pemilik blog, hingga blog yang berisikan berbagai macam hal (campur sari).

Sebagai seorang guru, Oom Jay patut diacungi jempol. Selain ia menulis buku Yuk Kita Nge-Blog yang sedang anda pegang saat ini dan ditujukan khusus untuk para generasi muda, ia pun telah memperoleh gelar juara ke 1 dalam lomba Blog yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Indonesia di Bandung tahun 2009. Itu semua merefleksikan dirinya yang memiliki semangat tinggi untuk “bersaing”, satu hal yang dituntut dalam era globalisasi saat ini.

Dunia membaca dan menulis di kalangan kawula muda bangsa masa kini memang masih jauh dari harapan, bila merujuk kepada standar pendidikan kelas dunia. Tapi dengan lahirnya buku Yuk Kita Nge-Blog hasil karya dari Oom Jay , paling tidak, besar harapan untuk dapat memberikan pencerahan bagi dunia pendidikan kita. Saya kira, tidak hanya pencerahan akan tetapi sekaligus dapat memotivasi generasi muda kita ke depan untuk lebih giat lagi membaca dan menulis, minimal, melalui blog-nya masing-masing.

Secara tidak langsung Omjay telah memotivasi “murid-murid” nya untuk menyongsong kemajuan teknologi dengan memanfaatkan lahan “cyber-space” untuk mengembangkan kemampuan dalam hal membaca dan lebih-lebih menulis.

Seorang penulis kenamaan, F. Scott Fitzgerald mengatakan , “You don't write because you want to say something, you write because you've got something to say.”

Sekali lagi saya ingin memberikan dukungan penuh dari upaya seorang “guru” seperti Omjay yang memiliki kemauan keras untuk maju, antara lain dengan menulis di blog dan menerbitkan buku. Saya yakin buku Omjay akan sangat berguna sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari usaha para pendidik di negeri ini untuk berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Semoga semangat menulis anak-anak muda akan dapat selalu meningkat dari waktu ke waktu. Omjay telah memeloporinya, selamat menulis generasi muda bangsa! Selamat membaca!

Selamat dan sukses Oom Jay!

Jakarta, 9 Februari 2010

Marsekal TNI (Purn.) Chappy Hakim

KSAU 2002-2005 – The Real Blogger

Tidak ada komentar: