Daftar Blog Saya

Kamis, 30 Desember 2010

Belajar dan Berbagi Ilmu PTK di YPI Ar-Rahman Bekasi

Hari ini, Kamis 29 Desember 2010 saya diminta untuk menjadi nara sumber Penelitian Tindakan kelas (PTK) di yayasan pendidikan Islam Ar-Rahman. Yayasan yang terdiri dari sekolah TK, SD, dan SMP ini berlokasi di kampung Cakung Rt. 002/012 No. 1 Kelurahan Jatimekar, kecamatan Jatiasih, bekasi. Tepatnya berada di samping komplek Graha Indah Pondok Gede, bekasi.

Berbagi Ilmu PTK di Ar-rahman Bekasi

Berbagi Ilmu PTK di Ar-rahman Bekasi

Saya datang ke sekolah ini atas undangan teman kuliah saya di pasca sarjana UNJ, yaitu Ibu Widyasari. Beliau meminta saya untuk memberikan pelatihan PTK kepada 15 orang guru yang berada dalam naungan yayasan yang beliau kelola bersama keluarga.

Berbagi Ilmu PTK di Ar-rahman Bekasi

Berbagi Ilmu PTK di Ar-rahman Bekasi

Senang sekali dapat diundang ke sekolah ini. Sekolahnya bagus dan tertata rapih. Gurunya pun kreatif dan berprestasi. Membuat saya betah berlama-lama di sekolah ini untuk belajar dan berbagi ilmu PTK.

Berbagi Ilmu PTK di Ar-rahman Bekasi

Berbagi Ilmu PTK di Ar-rahman Bekasi

Saya pun membagikan hadiah berupa buku kepada para peserta yang telah selesai dalam pembuatan rancangan proposal PTK.

Alhamdulillah ada 4 orang guru yang telah selesai dan berhak mendapatkan buku dari saya.

Berbagi Ilmu PTK di Ar-rahman Bekasi

Berbagi Ilmu PTK di Ar-rahman Bekasi

Saya pun berusaha sekeras tenaga untuk memberikan pengetahuan yang saya miliki kepada teman-teman guru di YPI Ar-Rahman ini. Alhamdulillah mereka dapat merespon dan menstrasfer ilmu yang saya berikan dengan baik.

Berbagi Ilmu PTK di Ar-rahman Bekasi

Berbagi Ilmu PTK di Ar-rahman Bekasi

Dengan penuh antusiame yang tinggi mereka mendengarkan dengan baik penjelasan saya tentang bagaimana meneliti di kelas sendiri dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK).

Berbagi Ilmu PTK di Ar-rahman Bekasi

Berbagi Ilmu PTK di Ar-rahman Bekasi

Saya pun mempresentasikan apa yang saya tahu seputar materi ilmu PTK, dan menjelaskannya kepada para peserta. Dari sana saya melihat pengatahuan mereka tentang PTK menjadi bertambah setelah mendapatkan materi PTK ini.

Berbagi Ilmu PTK di Ar-rahman Bekasi

Berbagi Ilmu PTK di Ar-rahman Bekasi

Saya mengucapkan terima kasih kepada ibu Widyasari yang telah mengundang saya ke sekolah Ar-rahman yang sangat bagus ini.

Semoga sekolahnya semakin sukses dan mampu menciptakan generasi penerus bangsa yang hebat.

Sayapun memberikan kiat-kiat sukses dalam melaksanakan PTK yang berujung kepada peningkatan hasil belajar siswa.

Oleh karena itu guru dituntut untuk mampu menemukan dan mengembangkan potensi unik siswa sesuai dengan bakat dan mintanya. Semua itu akan berhasil dilakukan bila para guru tidak takut dalam melaksanakan PTK.

Sebab PTK adalah penelitian nyata guru yang dilaksnakan di kelasnya sendiri. dimulai dengan melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan repfleksi diri. Semua itu terangkai dalam sebuah siklus yang nantinya akan menghantarkan peserta didik menjadi meningkat hasil belajaranya. di samping itu juga para guru dapat meningkatkan kinerjanya sebagai guru dengan melakukan PTK.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru, penulisan karya tulis ilmiah kini menjadi persyaratan penting untuk guru dalam kenaikan golongannya dalam bidang pengembangan profesi.

Ada beberapa macam karya tulis ilmiah, salah satunya yang cukup diminati adalah karya tulis ilmiah hasil penelitian.

Dalam hal ini yang cukup diminati para guru adalah karya tulis ilmiah dengan menggunakan pengalaman guru sendiri yaitu dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK).

PTK adalah penelitian yang dilakukan guru di kelasnya sendiri dengan cara merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki kinerja sebagai guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Semoga apa yang saya bagikan hari ini dapat bermanfaat dan dikembangkan oleh para guru di sekolah YPI Ar-Rahman.

Sayapun berharap dapat diundang kembali untuk menjadi nara sumber simposium dan hasil penelitian mereka. Dengan begitu akan ada hasil yang terlihat dari kegiatan ilmiah mereka.

Akhirnya, belajar dan berbagi ilmu PTK membuat saya semakin yakin akan pentingnya PTK bagi para guru.

PTK berperan penting dalam meningkatkan kompetensi profesional, pedagogi, kepribadian, dan sosial sehingga guru akan menjadi pribadi yang lebih percaya diri dan mampu merancang perubahan-perubahan yang diperlukan untuk pembelajaran di sekolah.

Peningkatan kompetensi profesionalitas guru akan mempermudah upaya peningkatan kesejahteraan guru melalui kenaikan angka kredit sebagai syarat untuk kenaikan golongan, dan bagi guru sekolah swasta sangat bagus untuk meningkatkan kinerjanya sebagai guru. Dengan begitu para akan terus melakukan introspeksi diri dalam setiap kali pembelajarannya di sekolah.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

http://wijayalabs.com

Tidak ada komentar: