Jumat, 04 September 2009

Belajar dan Berbagi Ilmu PTK di SMAN-1 Depok

[caption id="attachment_1353" align="alignleft" width="300" caption="Kepala SMAN-1 Depok Sedang memberikan sambutan pada Workshop PTK"]Kepala SMAN-1 Depok Sedang memberikan sambutan pada Workshop PTK[/caption]

Kamis 3 September 2009, saya diminta oleh MGMP MIPA SMA Kota Depok untuk memberikan materi Penelitian Tindakan kelas (PTK). Hari itu adalah pengalaman pertama saya berada di kota Depok, dan saya sangat senang mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan belajar ilmu PTK yang dibutuhkan oleh para guru. PTK ini sangat penting dikuasai oleh para guru agar kualitas pembelajaran di kelas meningkat. Guru pun akan dengan sendirinya menemukan potensi unik yang ada dalam diri siswa.Sebelum saya memulai materi, terlebih dahulu saya mendengarkan sambutan dari bapak kepala SMA Negeri 1 Depok dan juga ibu kepala Dinas pendidikan kota Depok yang datang belakangan. Para pejabat di kota depok itu sangat memberikan motivasi pada kami untuk terus memperdalam ilmu PTK. Saya pun memberikan apresiasi kepada kepala sekolah dan kepala dinas kota depok. Dimana mereka begitu mendukung kegiatan classroom action research ini yang lebih dikenal dengan nama PTK (Penelitian Tindakan Kelas).

Dari pemberian materi PTK, saya melihat para guru sangat antusias sekali mendengarkan penjelasan saya tentang PTK, dan mulailah kami membuat proposal yang dimulai dari pemumusan masalah dan penentuan judul PTK. Namun sayang, karena terbatasnya waktu belum semua guru dapat menuntaskan proposalnya dengan baik.

[caption id="attachment_1354" align="aligncenter" width="500" caption="Selesai Workshop PTK, Para guru Berfoto Bersama Omjay"]Selesai Workshop PTK, Para guru Berfoto Bersama Omjay[/caption]

Dari workshop PTK ini, saya mendapatkan puluhan judul PTK yang layak untuk diteliti oleh guru. Di bawah ini, saya sharingkan foto-foto kegiatan itu. Semoga bermanfaat.

[caption id="attachment_1355" align="aligncenter" width="300" caption="para Guru mendengarkan penjelasan Omjay tentang PTK"]para Guru mendengarkan penjelasan Omjay tentang PTK[/caption]

[caption id="attachment_1356" align="aligncenter" width="300" caption="para Guru mendengarkan penjelasan Omjay tentang PTK"]para Guru mendengarkan penjelasan Omjay tentang PTK[/caption]

Bagi anda yang ingin memperdalam ilmu PTK, berikut ini, saya sharingkan file teknik pembuatan proposal PTK.

Contoh Proposal PTKSalam Blogger kompasianaOmjay

Tidak ada komentar: