Selasa, 01 September 2009

BLOGGER BEKASI


LAMPIRAN PROPOSAL (www.bloggerbekasi.com)


I. PENDAHULUAN

Perkembangan dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology/ ICT) saat ini telah membawa pengaruh yang sangat signifikan terhadap budaya kehidupan bangsa dan negara kita. Salah satunya adalah pertumbuhan blogging media yang (mungkin) saja, suatu saat nanti bisa menggantikan peran main stream media saat ini.

Potensi para blogger yang kini tersebar di berbagai daerah dan kalangan, telah menjadikan blogging media semakin berperan cukup penting dalam setiap kesempatan. Dari yang mulanya hanya sekedar hobi, blog saat ini sudah mengalami perluasan yang cukup signifikan. Selain sebagai media sosial networking, saat ini blog juga banyak dijadikan sebagai lahan bisnis bagi sebagian masyarakat yang “melek” terhadap dunia ICT.

Blog telah membuat hilangnya batasan antara selebritis dan para fans-nya, bahkan para politikus pun tak mau ketinggalan untuk ikut terlibat dengan membuat blog sebagai personal branding dan media alternatif untuk melakukan kampanye. Akses tanpa batas adalah salah satu kekuatan yang dimiliki oleh blogging media untuk menembus batas-batas formil yang selama ini (mungkin) masih ada dan sudah tidak relevan lagi untuk di implementasikan.

Sementara itu, perkembangan blog di Indonesia sejak 2 (dua) tahun terakhir ini tak bisa dibendung lagi, apalagi sejak sukses digelarnya “Pesta Blogger I” pada tanggal 27 Oktober 2007 lalu di Jakarta, keberadaan para “blogger” dan komunitasnya di Indonesia saat ini semakin diakui eksistensinya oleh pemerintah.

Pemerintah melalui perwakilannya, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Muhammad Nuh, mengapresiasikan dunia blogging ditanah air dan menetapkan bahwa tanggal 27 Oktober 2007 merupakan tonggak lahirnya komunitas blogger di Indonesia dan akan di peringati setiap tahunnya sebagai “Hari Blogger Nasional”.

Dengan ditetapkannya tanggal 27 Oktober sebagai “Hari Blogger Nasional”, maka pemerintah diharapkan bisa menjadi fasilitator dan secara konsisten turut mendukung perkembangan blog ditanah air, tentunya dengan tetap mengacu dan sejalan dengan tujuan nasional, tanpa harus membatasi kebebasan ngeblog para blogger, terutama untuk hal-hal yang bersifat positif demi kemajuan bangsa dan negara.


Langkah Nyata Blogger Kota Bekasi

Sebagai salah satu pusat bisnis terbesar dengan jumlah penduduk hampir mencapai 3 (tiga) juta jiwa yang berbatasan langsung dengan Ibukota Negara Republik Indonesia (RI), tentunya blogger-blogger yang lahir dan menetap atau yang terkait dengan wilayah Kota Bekasi (baik secara langsung maupun tidak langsung), juga tidak ingin ketinggalan dan akan ikut mengambil bagian dalam perkembangan blog di tanah air.

Salah satu langkah nyata yang saat ini telah dilakukan oleh para blogger Kota Bekasi terkait dengan perkembangan blog ditanah air adalah dengan cara mendirikan sebuah komunitas agregator blogger Kota Bekasi yang bisa diakses melalui situs www.bloggerbekasi.com.

Bekasi Cyber Park (BCP), sebagai salah satu mal atau pusat perbelanjaan (shopping center) terbesar di Kota Bekasi adalah tempat yang menjadi pilihan para pencetus komunitas bloggerbekasi.com (be-blog) untuk mendeklarasikan lahirnya komunitas ini. Pemilihan BCP sebagai tempat deklarasi “be-blog” oleh para pendirinya adalah karena ada kata “cyber” yang melekat pada mal tersebut.

Para pendiri “be-blog” berharap bahwa nama “cyber” yang sangat identik dengan dunia maya (internet) tersebut, tidak hanya melekat sebagai identitas semata, namun bisa juga memberikan sebuah terobosan dan langkah nyata dengan mendukung sepenuhnya kelahiran dan perkembangan komunitas “be-blog” pada saat ini dan di masa-masa yang akan datang.

Sementara itu pemilihan tanggal kelahiran (deklarasi) “be-blog” pada tanggal 17 Agustus 2009 lalu (pre-launching), yang juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-64, lebih disebabkan karena moment “patriotik” bangsa Indonesia, yang juga melatarbelakangi lahirnya Kota Bekasi, dimana Kota Bekasi sejak dulu dikenal dengan sebutan sebagai “Kota Patriot”.

Dengan berdirinya komunitas “be-blog” ini, kami berharap masyarakat dan pemerintah Kota Bekasi bisa bersinergi dan akan menggunakan media ini sebagai salah satu media alternatif terkini yang bisa bermanfaat bagi kita semua. Pastinya tidak hanya pemerintah yang berperan, seluruh lapisan masyarakat Kota Bekasi juga bisa ikut berperan untuk membangun Kota Bekasi yang kita cintai ini, baik pada masa sekarang maupun pada masa-masa yang akan datang.


II. VISI dan MISI

Visi

Menjadikan budaya “blog” sebagai salah satu media alternatif untuk menyampaikan informasi melalui jurnalisme warga (citizen journalism), agar bisa berperan aktif dan ikut serta untuk memajukan Kota Bekasi kearah yang lebih baik lagi.

Misi

1. Mensosialisasikan pengetahuan blog bagi penduduk Kota Bekasi dan sekitarnya
2. Memperkenalkan keunikan dan potensi (bisnis, wisata, kuliner, budaya, dan sebagainya) Kota Bekasi kepada masyarakat diluar Kota Bekasi melalui blog agar tertarik dan mau berkunjung ke Kota Bekasi
3. Menggunakan blog sebagai sarana untuk menumbuhkan semangat berbagi (sharism) di kalangan masyarakat (citizen journalism) Kota Bekasi dan sekitarnya
4. Menjadikan blog sebagai media penghubung antara masyarakat dan Pemerintah Kota Bekasi dan sekitarnya untuk membangun tali silaturahmi serta membantu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Corporate Government)


III. SASARAN dan TUJUAN

Komunitas blogger Kota Bekasi yang dibentuk ini ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat umum yang berdomisili, lahir, keturunan, sekolah, bekerja, ataupun hanya sekedar tertarik dengan Kota Bekasi dan sekitarnya, baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Melalui komunitas blogger Kota Bekasi ini, diharapkan akan tercipta sinergi antara penduduk (masyarakat) sebagai blogger dengan Pemerintah Kota Bekasi sebagai pengelola Kota Bekasi.

Selain itu, peran para blogger yang nantinya akan bergabung untuk membentuk sebuah komunitas blogger terbesar di Kota Bekasi ini, bisa menjadi sebuah langkah awal dan alternatif media untuk menampung saran dan masukan positif terkait dengan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Corporate Government/GCG), yang pada akhirnya bisa ikut berperan serta dalam membangun dan memajukan Kota Bekasi.


IV. PROGRAM KERJA

Terkait dengan komunitas blogger Kota Bekasi yang telah kami bentuk tersebut, berikut ini adalah program kerja yang akan kami lakukan untuk mencapai Visi dan Misi sebagaimana telah kami sampaikan diatas:

1. Melakukan pelatihan (training) bagi masyarakat umum, termasuk pegawai pemerintahan Kota Bekasi dan Sekitarnya secara berkala dan berkelanjutan mengenai blog, bekerjasama dengan Kompasiana.com (Kompas.com).
2. Melakukan pelatihan (training) bagi siswa/ siswi Sekolah Menengah Umum (SMU) dan sederajat dalam wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya secara berkala dan berkelanjutan mengenai blog, bekerjasama dengan Kompasiana.com (Kompas.com).
3. Mengadakan perlombaan-perlombaan mengenai potensi-potensi yang dimiliki oleh Kota Bekasi dan sekitarnya dalam bentuk tulisan (artikel), yang nantinya akan dipublikasikan melalui blog www.bloggerbekasi.com.
4. Bekerjasama dengan pihak-pihak terkait (baik pemerintah maupun swasta) yang masih berada dalam kawasan wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya, terkait dengan event-event penting atau promosi (bisnis, wisata, budaya, kuliner, dan sebagainya) yang dirasakan memerlukan publikasi secara luas melalui blog.
5. Mengadakan (ikut terlibat) kegiatan-kegiatan sosial secara berkala dan berkelanjutan, bekerjasama dengan masyarakat dan Pemerintah Kota Bekasi, sekaligus untuk menjalin tali silaturahmi.


V. KEPENGURUSAN


Berikut ini adalah daftar pengurus yang sepenuhnya akan bertanggung jawab atas dibentuknya komunitas blogger Kota Bekasi ini, yaitu sebagai berikut:

Dewan Penasihat
Wijaya Kusumah, S.Pd.
Amril Taufik Gobel, Ir.

Ketua
Aris Heru Utomo, S.H., M.Si., M.B.A

Wakil Ketua
Eko Sutrisno, H.P, Ir.

Sekretaris
Yulyanto, S.E., M.M., M.H.

Hubungan Masyarakat
Rawi Wahyudiono, Amd.

Administator
Irfan Zj, S.E.

Design Kreatif
Puti Karina Puar


VI. PENUTUP


Semoga saja usaha yang telah kami lakukan ini, yaitu dengan membentuk sebuah komunitas blogger di Kota Bekasi dan sekitarnya, akan mendapatkan dukungan sepenuhnya dari masyarakat dan Pemerintah Kota Bekasi yang diharapkan bisa membawa manfaat positif bagi masyarakat Kota Bekasi dan sekitarnya khususnya, serta Bangsa Indonesia pada umumnya, Amin.

Tidak ada komentar: